Bermain Dengan Kode Kaisar ROT3


pernah dengar istilah kriptografi? :D menurut Dony Ariyus Kriptografi berasal dari bahasa Yunani yang artinya Crypto dan Graphia. Crypto berarti secret (rahasia) dan graphia berarti writing (tulisan). sehingga kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga keamanan pesan ketika pesan di kirim dari suatu tempat ke tempat lain.

kriptografi ini sudah digunakan 4000 tahun yang lalu, dikisahkan di zaman Romawi Kuno pada suatu hari Julius Caesar pengen mengirimkan pesan rahasia kepada seorang jenderal di medan perang, pesan tersebut di kirim melalui seorang kurir, karena pesan itu sangat rahasia si Julius tak ingin pesan itu sampai ketahuan orang lain, kemudian ia memikirkan bagaimana mengatasi nya lalu ia mengacak pesan sehingga menjadi kode-kode rahasia sehingga tak seorang pun mengetauhi kecuali jendralnya saja.

dari situ apa yang dilakukan oleh Julius adalah aktivitas mengacak pesan dengan mengubah teks biasa menjadi kode-kode rahasia (enkripsi) yang hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja. nah saat pesan itu sudah sampai ke Jendral, jendral akan menterjemahkan kode kode rahasia itu kedalam teks yang sederhana yang biasa kita sebut dengan deskripsi..

 sekarang kita bermain dengan kode nya kaisar yuk ^^

kode kaisar biasa nya juga disebut dengan algoritma ROT3

contoh
 teks biasa                diubah menjadi Teks kode
ABCD                     DEF

Secara lebih detail coba perhatikan conto berikut
A  B  C  D  E  F     G  H  I   J   K  L  M   N  O  P  Q  R  S  T  U    V W X Y Z      Teks biasa
D  E  F  G  H  I       J  K  L M  N  O  P    Q  R  S   T  U  V W X    Y Z A B C      T eks kode


sebagai contoh

 merapi erupsi

sehingga akan kode nya dirubah menjadi  PHUDSL HUXSVL
 


Segitu dulu yaa penjelasannya  kode ini masi dasar sekali,, lain waktu saya akan lanjutkan kembali kode2 selanjutnya slamat bermain :D

buat belajar lebih fun :D


0 Responses So Far: